Senin, 06 Agustus 2012

Macam-macam Olahraga


OLAHRAGA
Saat ini begitu banyak macam olahraga yang dapat kita lakukan. Mulai dari olahraga yang ringan sampai yang berat. Olahraga ringan contohnya adalah lari. Lari adalah olahraga ringan yang dapat dilakukan dengan mudah, dimana saja, dan kapan saja tanpa perlu membayar. Olahraga berat contohnya adalah terjun paying. Terjun paying adalah olahraga yang membutuhkan biaya besar dan keahlian khusus.
Jenis-jenis olahraga beserta contohnya :
1.     Olahraga Atletik
Atletik disebut sebagai cabang olahraga tertua atau induk dari segala cabang olahraga, terdiri dari berbagai olahraga lari, lompat, dan lempar. Dalam bahasa Yunani athlos berarti lomba. Merupakan kegiatan pertandingan dan lomba yang menggunakan kekuatan fisik, keterampilan, dan ketahanan.
Contoh olahraga atletik :
·        Lari Jarak Dekat (Sprint)
Sprint merupakan olahraga utama di cabang atletik. Olahraga yang dilakukan dengan cara lari melintasi jarak yang bermacam-macam. Mulai dari 50 meter, 60 meter yang biasa dilakukan di dalam ruangan (indoor), 100 meter, 200 meter, dan 400 meter yang dilakukan di luar ruangan (outdoor).
Para atlet harus siap di posisi masing-masing dan meletakkan kaki mereka dengan suatu alat yang disebut starting blocks. Lalu, atlet hanya tinggal mengikuti aba-aba dari wasit, diikuti tembakan ke udara yang berarti tanda bagi para atlet untuk segera berlari mencapai garis finish.
·         Lari Estafet
Lari yang berjarak 400 meter. Lari estafet adalah lomba antar tim. Satu-satunya lomba beregu dalam cabang atletik adalah lari estafet. Setiap tim beranggotakan 4 atlet lari. Pelari tercepat pada tim tersebut berada pada posisi terkahir.
Kondisi mengkhawatirkan kadang terjadi ketika pelari memberikan tongkat pada pelari berikutnya. Kalau tongkat tersebut jatuh, maka beberapa detik terbuang percuma.
·        Lari Maraton
Olahraga ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat. Saking terkenalnya, olahraga ini biasa menempuh jarak 42 meter, 195 meter, sehingga ada perlombaan maraton yang menyedot ribuan orang untuk menontonnya.
Misalnya lomba marathon tahunan yang diselenggarakan di Boston Massachusetts, London, Inggris, Berlin, Jerman, dan New York. Hadiah yang disediakan oleh penyelenggara pun cukup menggiurkan. Bisa jutaan rupiah atau ribuan dollar Amerika.
·        Lompat Tinggi
Lompat tinggi adalah salah satu olahraga yang membutuhkan keterampilan khusus. Atlet harus mampu melompat setinggi mungkin untuk melewati mistar dengan ketinggian yang sudah ditentukan tanpa membuat mistar terjatuh. Bila tiga keli gagal melompati mistar, maka atlet akan didiskualifikasi.
·        Lompat Jauh
Olahraga yang sebenarnya terlihat sangat sederhana. Tapi kenyataan tidak mudah untuk melambungkan tubuh agar bisa mencapai jarak yang jauh. Atlet lompat tinggi berlari dari jarak 45 meter, alalu melompat ke lintasan yang telah ditentukan.
·        Lompat Galah
Walaupun olahraga ini tidak terllalu terkenal, tetapi lahraga ini memiliki tingkat kesulitan khusus. Bila cara melompat salah, maka bisa saja galah dapat mengenai tubuh atlet dan menimbulkan luka serius. Galah yang dipakai, mempunyai panjang 4-5 meter. Dahulu, galah terbuat dari bambo. Tetapi sekarang, galah terbuat dari fiberglass.
Setiap atlet mempunyai 3 kali kesempatan untuk melewati mistar yang dinaikkan 8-15 cm. bila lompatan ketiga gagal, maka atlet tersebut didiskualifikasi.
·          Lempar Cakram
 Olaharaga yang membutuhkan cakram, berupa piringan logam seberat 2 kg untuk peserta laki-laki dan 1 kg untuk peserta perempuan. Olahraga ini tidak bisa diakukan sembarangan. Ada teknik-teknik khusus yang harus dikuasai agar mendapat kekuatan lempar yag bagus dan jarak lempar yang jauh.
·        Lempar Lembing
Atlet memegang lembing dan melemparnya setelah memulai gerakan hanya sejauh 4 meter. Panjang lembing untuk atlet pria adalah 260 meter. Sedangkan untuk atlet wanita sepanjang 220 meter. Membutuhkan kekuatan fisik dan ketahanan tubuh yang sempurna untuk mampu melemparkan lembing tersebut sejauh-jauhnya.
2.     Olahraga Permainan
Olahraga yang umumnya dilakukan berkelompok yang bertanding dengan kelompok lawan.
Contoh olahraga permainan :
·         Sepak Bola
Sepak bola dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Permainan sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola kulit berukuran 27-28 inci. Dalam permainannya, dua tim harus berebut untuk menggiring bola dan memasukkannya ke gawang lawan tanpa tertangkap oleh kiper atau penjaga gawang.
Lapangan permainan
Untuk pertandingan internasional dewasa, lapangan sepak bola yang digunakan memiliki panjang yang berkisar antara 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. Di bagian tengah kedua ujung lapangan, terdapat area gawang yang berupa persegi empat berukuran dengan panjang 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter. Di bagian depan dari gawang terdapat area pinalti yang berjarak 16.5 meter dari gawang. Area ini merupakan batas kiper boleh menangkap bola dengan tangan dan menentukan kapan sebuah pelanggaran mendapatkan hadiah tendangan pinalti atau tidak.
Lama permainan
Lama permainan sepak bola normal adalah 2 × 45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit di antara kedua babak. Jika kedudukan sama imbang, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2×15 menit, hingga didapat pemenang, namun jika sama kuat maka diadakan adu penalti. Wasit dapat menentukan berapa waktu tambahan di setiap akhir babak sebagai pengganti dari waktu yang hilang akibat pergantian pemain, cedera yang membutuhkan pertolongan, ataupun penghentian lainnya. Waktu tambahan ini disebut sebagai injury time atau stoppage time.
Gol yang dicetak dalam perpanjangan waktu akan dihitung menjadi skor akhir pertandingan, sedangkan gol dari adu penalti hanya menentukan apabila suatu tim dapat melaju ke pertandingan selanjutnya ataupun tidak (tidak mempengaruhi skor akhir). Pada akhir tahun 1990-an, International Football Association Board (IFAB) memberlakukan sistem gol emas (golden gol) atau gol perak(silver gol) untuk menyelesaikan pertandingan. Dalam sistem gol emas, tim yang pertama kali mencetak gol saat perpanjangan waktu berlangsung akan menjadi pemenang, sedangkan dalam gol perak, tim yang memimpin pada akhir babak perpanjangan waktu pertama akan keluar sebagai pemenang. Kedua sistem tersebut tidak lagi digunakan oleh IFAB.

·         Basket
Olahraga permainan ini juga dilakukan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 5 orang. Kedua tim harus berebut bola basket untuk dimasukkan ke ring lawan.Permainan basket sangat cocok untuk ditonton karena biasa dimainkan di ruang olahraga tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. Selain itu, bola basket mudah dipelajari karena bentuk bolanya yang besar, sehingga tidak menyulitkan pemain ketika memantulkan atau melempar bola tersebut.
Ada bermacam-macam teknik yang harus dikuasai setiap pemain dalam permainan basket. Mulai dari men-dribble bola sampai teknik memasukkan bola ke dalam ring. Misalanya teknik lay up, yaitu ketika seorang pemain berlari men-dribble bola basket menuju ring lawan, lalu melompat dengan satu kaki sambil menjunjung bola ke atas lalu memasukkannya ke dalam ring.
Lapangan bola basket adalah persegi panjang dengan ukuran panjang yaitu 26 meter serta lebar lapangan yaitu 14 meter. Tiga buah lingkaran yang terdapat di dalam lapangan basket memiliki panjang jari-jari yaitu 1,80 meter.
Jumlah pemain dalam permainan bola basket adalah 5 orang dalam satu regu dengan cadangan 5 orang. Sedangkan jumlah wasit dalam permainan bola basket adalah 2 orang. Wasit 1 disebut Referee sedangkan wasit 2 disebut Umpire.
Waktu permainan 4 X 10 menit. Di antara babak 1, 2, 3, dan babak 4 terdapat waktu istirahat selama 10 menit. Bila terjadi skor yang sama pada akhir pertandingan harus diadakan perpanjangan waktu sampai terjadi selisih skor. Di antara dua babak tambahan terdapat waktu istirahat selama 2 menit. Waktu untuk lemparan ke dalam yaitu 5 detik.
Keliling bola yang digunakan dalam permainan bola basket adalah 75 cm - 78 cm. Sedangkan berat bola adalah 600 - 650 gram. Jika bola dijatuhkan dari ketinggian 1,80 meter pada lantai papan, maka bola harus kembali pada ketinggian antara 1,20 - 1,40 meter.
Panjang papan pantul bagian luar adalah 1,80 meter sedangkan lebar papan pantul bagian luar adalah 1,20 meter. Dan panjang papan pantul bagian dalam adalah 0,59 meter sedangkan lebar papan pantul bagian dalam adalah 0,45 meter.
Jarak lantai sampai ke papan pantul bagian bawah adalah 2,75 meter. Sementara jarak papan pantul bagian bawah sampai ke ring basket adalah 0,30 meter. Ring basket memiliki panjang yaitu 0,40 meter. Sedangkan jarak tiang penyangga sampai ke garis akhir adalah 1 meter.
Panjang garis tengah lingkaran pada lapangan basket adalah 1,80 meter dengan ukuran lebar garis yaitu 0,05 meter. Panjang garis akhir lingkaran daerah serang yaitu 6 meter. Sedangkan panjang garis tembakan hukuman yaitu 3,60 meter.

·         Voli
Olahraga ini dimainkan oleh kedua tim yang berada pada posisi berbeda dan dipisahkan oleh net. Masing-masing tim beranggotakan 6 orang dan harus mencapai skor 25. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain.
Olahraga Bola Voli dinaungi FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasional, sedangkan di Indonesia di naungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).
Setiap tim voli pasti memiliki pemain dengan peran yang berbeda-beda. Tosser atau setter bertugas mengumpankan bola pada pemain lain. Spiker bertugas memukul bola voli agar jatuh ke daerah lawan. Dan defender adalah pemain yang harus bertahan menerima serangan bola dari tim lawan.
Lapangan permainan
Ukuran lapangan bola voli yang umum adalah 9 meter x 18 meter. Garis batas serang untuk pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring). Garis tepi lapangan adalah 5 cm.
Bola
Bola tersebut memiliki keliling lingkaran 65 hingga 67 cm, dengan berat 260 hingga 280 gram. Tekanan dalam dari bola tersebut hendaknya sekitar 0.30 hingga 0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa).
 Net
Ukuran tinggi net putra 2,44 meter dan untuk net putri 2,24 meter.
Sarana Permainan Bola Voli
a.Panjang garis samping        : 18 Meter.
b.Lebar lapangan                    : 9 Meter.
c.Lebar garis serang               : 3 Meter
3.     Olahraga Air
          Salah satu olahraga yang banyak diminati adalah olahraga air.
Contoh olahraga air :
·        Renang
Renang adalah olahraga yang sangat umum. Nabi Muhammad saw bersabda, “Didiklah anak-anakmu berenang, memanah, dan berkuda.” Bahkan hampir semua olahraga air mengharuskan pemainnya untuk bisa renang.
Dalam renang, ada bermacam-macam gaya yang biasa dipakai, baik yang sudah umum maupun gaya berenang yang hanya dilakukan ketika mengikuti sebuah pertandingan. Gaya bebas adalah gaya berenang yang paling umum dengan posisi badan melungkup. Tangan digerakkan seperti mengayuh, sementara kaki digerakkan naik turun untuk mendorong tubuh ke depan.
Gaya dada juga termasuk gaya renang yang sudah umum dan meniru gaya katak. Tangan mengayuh dari depan ke samping, bergantian dengan kaki yang juga mengayuh dengan gerakan sama.
Gaya kupu-kupu adalah gaya renang yang jarang dilakukan orang, kecuali dalam pertandingan. Tangan ditekan kea rah bawah atau ke dalam air, lalu diangkat ke atas dan kembali dihempaskan ke air (memutarkan tangan seperti gerakan sayap). Sedangkan gaya punggung dilakukan dengan posisi badan mengahadap ke atas, mengambang di atas air dan mengayuh dengan tangan.
·        Loncat Indah
Loncat indah adalah salah satu olahraga air yang membutuhkan keahlian khusus. Orang harus melompat dari papan lompat lalu melakukan gerakan akrobatik di udara hingga akhirnya terjun bebas ke dalam air.
·        Selancar
Adalah olahraga yang tidak hanya membutuhkan keterampilan, tetapi juga keberanian. Olahraga ini biasa dilakukan di laut dengan ombak yang tinggi. Semakin tinggi ombak, maka semakin bagus.
Selancar membutuhkan papan selancar sebagai pijakan untuk bermanuver di atas ombak air laut. Peselancar harus lihai mengendalikan papan selancarnya, mengikuti arus ombak sambil terus menjaga keseimbangan badan agar terus bertahan dan tidak jatuh ke laut.
4.     Olahraga Udara
Olahraga udara tidak bisa dilakukan sembarangan, harus berlatih terlebih dahulu dan menggunakan berbagai alat pengaman.
Contoh olahraga udara :
·        Paralayang
Biasa disebut paragliding. Merupakan olahraga yang memanfaatkan parasut besar untuk terbang bebas di udara. Olahraga yang sangat mengasyikkan karena bisa sekaligus bertualang sambil melihat berbagai tempat dari ketinggian.
·        Terjun Payung
Dapat dilakukan secara perorangan atau berkelompok. Berbeda dengan paralayang yang selalu terbang menggunakan parasut, terjun payung hanya menggunakan parasut ketika akan mendarat.
Bila ingin melakukan terjun payung, harus menaiki pesawat terlebih dahulu. Pada ketinggian tertentu seseorang dapat terjun dari pesawat dan terbang bebas ke udara dengan kecepatan tinggi. Selama terjun paying, seseorang dapat melakukan berbagai gerakan akrobatik di udara, seperti salto atau membuat formasi tertentu bila dilakukan secara berkelompok.

1 komentar:

  1. salam kenal sis
    klo boleh kau manfaat dari Renang itu itu apaya..... dan apakah untuk ibu hamil juga sisarankan unikut renang dan untuk baju senam muslim Yg cocok buat ibu hamil itu merek apaya
    tolong infonya ya Gannnnn..........."

    BalasHapus